Jakarta – Pemerintah kembali meluncurkan stimulus listrik gratis bagi masyarakat. Program ini untuk menjawab persoalan yang tengah merudung masyarakat Indonesia akibat mewabahnya Covid-19 di tanah air.
“Pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA dan 900 VA bersubsidi serta pelanggan berkategori sosial dan bisnis kecil berhak mengklaim token listrik gratis,” sebagaimana dirilis Indonesia.go.id, Senin (5/10/2020).
Untuk pelanggan 450 VA dan 900 VA bersubsidi
Pemberian token gratis periode Oktober 2020 berlaku untuk pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA dan 900 VA bersubsidi, serta pelanggan dengan kategori sosial dan bisnis kecil dengan penggunaan daya 450 VA.
Penerima stimulus pelanggan rumah tangga 450VA sebanyak 23,5 juta. Sedangkan pelanggan 900VA bersubsidi sebanyak 7,3 juta pelanggan. Jumlah pelanggan bisnis kecil (B1) dan industri kecil (I1) sekitar lebih 500.000 pelanggan.
Besaran token yang diberikan ialah 100 persen rata-rata jumlah pemakaian pelanggan tertinggi antara Januari hingga Maret 2020 bagi pelanggan daya 450 VA. Sedangkan bagi pelanggan daya 900 VA subsidi diberikan gratis token 50 persen.
Cara mengakses stimulus listrik gratis
Stimulus listrik gratis dapat diklaim melalui website PLN, berikut panduannya:
- Buka www.pln.co.id kemudian pilih menu ‘Stimulus Covid-19’ (token gratis/diskon).
- Lalu masukkan ID Pelanggan atau Nomor Meter
- Token gratis akan ditampilkan di layar
- Kemudian pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan
Klaim stimulus listrik gratis juga dapat dilakukan melalui aplikasi WhatsApp:
- Buka aplikasi WhatsApp
- Chat WhatsApp ke 08122-123-123, ikuti petunjuk, salah satunya masukkan ID Pelanggan
- Kemudian token gratis akan muncul dan pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan
- Tidak semua pengguna listrik token mendapatkan program stimulus listrik gratis. Sistem website mendeteksi pelanggan yang bukan penerima subsidi listrik.
Jika rekening listrik bukan penerima subsidi diiput, sistem ebsite PLN akan menjawab dengan keterangan, “Mohon maaf token kompensasi saat ini hanya diberikan kepada pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan 900 VA Bersubsidi (sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial)”.
Informasi via PLN atau pemerintah desa
Terkait kebijakan tersebut, PLN juga akan bekerja sama dengan perangkat pemerintah setingkat kecamatan, desa, dan kelurahan untuk menjangkau pelanggan di daerah terpencil. Sehingga dapat dipastikan bantuan listrik selama terjadinya pandemi Covid-19 dapat diterima masyarakat.
Vice President Public Relations PLN Arsyadany G Akmalaputri yang mengatakan kebijakan itu sendiri diberlakukan sejalan dengan terbitnya keputusan pemerintah dan PT PLN (Persero) yang memutuskan untuk memperpanjang kebijakan stimulus itu hingga Desember mendatang.
Jika ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, PLN juga menyediakan pusat kontak (contact center) di nomor telepon 123 atau mempersilakan pelanggan langsung mengunjungi kantor layanan PLN yang tersebar di Indonesia.