Sidoarjo – Mempererat jaringan kreativitas produk antar pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) gelar kegiatan” Baking Demo”. Kegiatan ini dalam rangka evaluasi anggota guna memberikan masukan – masukan dan harapan dalam program kedepan. Bertempat di Rumah BUMN BRI Sidoarjo,di rumah BUMN di Jl Jaksa Agung Suprapto, Selasa (21/1/2025).
Dihadiri sekitar 60 peserta, bertujuan memberikan kesempatan bagi para anggota untuk berbagi masukan serta harapan terkait program-program yang akan datang.
Prestalia selaku Ketua Perempuan Tani HKTI Sidoarjo mengatakan,”kegiatan ini bertujuan untuk mengumpulkan kelompok-kelompok UMKM di Sidoarjo agar bisa saling berkomunikasi dan membangun jaringan. Di harapkan, dengan adanya kegiatan ini, akan terbentuk iklim bisnis yang positif dan menguntungkan bagi semua pelaku usaha (profit).
Ia juga berharap agar produk-produk yang dihasilkan bisa lebih kreatif dan inovatif, mengingat banyaknya pesaing di pasar saat ini.Yang mana kita hidup di zona yang harus kreatif dimana yang dinaungi oleh UMKM HKTI Sidoarjo yang diketuai oleh Mbak Endang,”pungkas Prestalia yang akrab disapa Dokter Etak.
Sementara Bintang Bagus Hermawan,Tekhnical Chef PT Lautan Natural yang dihadirkan dalam kegiatan, mengatakan,”hari ini ada dua menu yang diperkenalkan, yaitu pembuatan kue Cinnamon roll dan minuman racikan The Blue Ocean dengan bahan utama berupa air dan bubuk kayu manis,”ucapnya.
Berharap agar UMKM di Sidoarjo dapat terus berkembang di tahun 2025, dalam menghadapi berbagai tantangan, serta dapat bersinergi dengan BUMN dan pihak-pihak terkait.
“Semoga kedepannya bisa lebih maju, dan dapat menghadapi tantangan-tantangan yang ada, serta bisa bersinergi dengan BUMN dan pihak-pihak terkait dan selain HKTI,”pungkasnya.
Terpisah Endang Prasetiyowati, Ketua UMKM HKTI Sidoarjo, mengatakan bahwa kegiatan positif ini juga merupakan bagian dari evaluasi rutin yang dilakukan setiap enam bulan sekali.
“Kegiatan ini kesempatan kepada anggota memberikan masukan dan harapan untuk program ke depan. Berharap agar produk-produk UMKM tidak hanya dikenal di Sidoarjo, tetapi juga bisa dikenal lebih luas lagi. Serta mampu bersaing di pasar yang semakin kompetitif,” imbuhnya.
Salah satu sponsor yang ikut mensupport, Haryanto Setiawan Wiyoto, National Marketing Manager mengatakan, jadi ini salah satu kegiatan bagus, yang dilakukan HKTI Sidoarjo secara rutin dengan menggelar kegiatan baking demo. Dengan menggandeng rekanan sponsor termasuk cheers.
“Harapannya bisa memberikan edukasi training maupun workshop bagi para UMKM. Karena mereka ini kadang – kadang punya potensi, tetapi belum tahu bagaimana cara mempromosikannya. Dan cheers berharap bisa terus mensupport untuk air minumnya, begitu juga UMKM,”terang Haryanto.