Mojokerto – Penjabat (Pj.) Wali Kota Mojokerto, Moh Ali Kuncoro, tidak hanya membuka namun juga menjadi pemateri utama pada kegiatan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) eselon II dan eselon III Pemkot Mojokerto di Amartahills Hotel and Resort, Kota Batu.
Kegiatan yang berlangsung dari Rabu hingga Kamis, 31 Januari hingga 1 Februari 2024, menjadi momen penting untuk memperkuat kualitas dan kapabilitas para ASN dalam menjalankan tugasnya dengan efektif dan efisien.Dalam sambutannya, Moh Ali Kuncoro yang akrab disapa Mas Pj, menekankan pentingnya pelayanan yang cepat kepada masyarakat.
“Kita membutuhkan perubahan mindset, karena birokrasi itu intinya adalah melayani, bukan minta dilayani,” ungkap Mas Pj.
Ia menegaskan bahwa pelayanan yang cepat harus menjadi budaya yang ditanamkan kepada seluruh ASN, di mana masyarakat dianggap sebagai tuan.
Mas Pj juga menyampaikan tantangan yang akan dihadapi ke depan dan mengajak seluruh ASN Pemkot Mojokerto untuk menyamakan frekuensi dan persepsi guna membawa Kota Mojokerto menuju masa depan yang gemilang.
“Dawuhnya Ibu Gubernur (Ibu Khofifah) bahwa ASN itu khadimul ummah, pelayan masyarakat. Ketika bicara pelayan masyarakat maka ada unsur pengabdian di dalamnya, ketika kita ingin melakukan pengabdian yang terbaik maka pertama kita harus profesional,” tambahnya.
Selain itu, Mas Pj menggarisbawahi pentingnya aspek BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) sebagai nilai-nilai inti yang harus ditanamkan kepada ASN. Hal ini dianggap sebagai titik tonggak dalam penguatan ASN, baik di tingkat pusat maupun daerah.
“Diharapkan melalui pengembangan kompetensi ASN ini, kedepan seluruh ASN Pemkot Mojokerto akan bisa memberikan dampak luar biasa bagi warga dan masyarakat Kota Mojokerto,” tutupnya, mencerminkan komitmen untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.