Gaya hidup sehat adalah cara seseorang menjalani kehidupan dengan berusaha mencegah penyakit. Apalagi, dimasa pandemi ini seseorang sangat rentan sekali terkena virus sehingga perlu untuk menjaga kesehatan dan imunitas agar tetap stabil. Gaya hidup yang sehat bukan hanya membawa manfaat untuk fisik dan mental saja, melainkan membawa manfaat untuk orang-orang disekitarnya.

Bagaimana cara menerapkan gaya hidup sehat ?

Setiap orang memiliki gaya hidup masing-masing, namun jika ingin terhindar dari penyakit segeralah untuk memulai menerapkan gaya hidup sehat. Namun, gaya hidup sehat harus diterapkan secara tepat dan kontinuitas menyesuaikan dengan kondisi fisik, kesehatan, jenis kelamin. Dengan demikian, hasil atas perubahan gaya hidup sehat seseorang tidak akan sama. Menurut penelitian jika aktivitas baru dilakukan secara konsisten selama 20-40 hari maka akan membentuk kebiasaan baru.

Langkah untuk memulai pola hidup sehat

Ada beberapa cara yang bisa anda terapkan dikehidupan sehari-hari dalam menerapkan pola hidup sehat. Tentunya, hal ini harus dilakukan secara rutin, diantaranya :

1. Mengonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi dan bergizi

Cara hidup sehat salah satunya dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bernutrisi dapat menjaga kekebalan tubuh, dan mengoptimalkan fungsinya secara maksimal. Maka sangat penting jika setiap hari diawali dengan sarapan seperti nasi, gandum utuh, susu yang rendah lemak.

Resiko seseorang tidak mengawali dengan sarapan akan membuat gula darah meningkat. Selain itu, makanlah buah-buahan atau sayuran setiap harinya karena memiliki vitamin dan nutrisi. Jika anda ingin memiliki berat badan ideal, maka anda harus pandai memilih makanan yang memiliki kadar gula rendah. Anda juga disarankan untuk mengurangi minuman yang bersoda dan memperbanyak minum air putih setiap harinya karena dapat meningkatkan kefokusan dan menjaga tubuh, usahakanlah untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan alami.

2. Mengelola stres dengan baik

Kesehatan mental sangat penting dimiliki oleh setiap orang karena akan memengaruhi segala aktivitas yang anda jalankan. Jika anda memiliki kesehatan mental yang buruk akan membuat pikiran tidak jernih sehingga sulit untuk berpikir positif dan membuat tidak fokus. Tidak dapat dipungkiri, banyaknya orang yang bunuh diri dikarenakan memiliki beban masalahnya yang sangat berat karena ketika stres tidak dapat mengolahnya dengan baik.

Cara mengendalikan ketika stres mulai melanda anda disarankan untuk bermediasi, bersantai sejenak, atau melakukan aktivitas yang anda senangi. Solusi lainnya anda bisa menceritakan kegelisahan dan masalah yang menyebabkan stres anda kepada orang tua, teman curhat, sahabat anda. Hal yang paling penting, agar mental tetap sehat dan kuat perbanyak siraman ruhani dengan selalu bersyukur kepada Tuhan.

3. Istirahat yang cukup

Dalam menjalani kehidupan tentunya anda memiliki kegiatan yang menguras waktu, pikiran dan tenaga yang banyak. Hal tersebut harus dibersamai dengan istirahat yang cukup. Mengapa ? karena dengan istirahat yang cukup dapat membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang, pekerjaan maksimal, meningkatkan kefokusan dan tubuh menjadi lebih sehat.

Mengontrol waktu tidur anda menjadi hal yang sangat penting karena jikalau anda memiliki waktu tidur yang kurang baik akan memicu penyakit dan lebih emosional. Menurut penelitian setiap orang memiliki 7-9 jam untuk tidur namun dikembalikan kepada kebutuhan. Tidur yang cukup tidak berlebihan ataupun tidak kurang.

4. Olahraga dengan teratur

Berolahraga secara teratur akan membawa kemanfaatan untuk setiap orang, yakni memperkuat daya tahan tubuh dan otot. Pakar kesehatan merekomendasikan dalam setiap pekan melakukan olahraga dengan durasi 150 menit. Jika anda merasa keberatan untuk berlari, berenang atau melakukan kegiatan olahraga diluar, anda bisa melakukan olahraga sederhana di rumah. Olahraga yang menyenangkan seperti Zumba, Senam aerobik, atau olahraga lain yang membuat tubuh anda menjadi bugar. Berolahraga secara rutin akan memperlancar sistem peredaran darah, mengantarkan energi dan jaringan ke dalam tubuh sehingga anda mendapatkan energi yang banyak.

Demikianlah langkah penerapan gaya hidup sehat, mulailah kebiasaan baik dari sekarang. Ajaklah keluarga dan orang disekitar anda agar dapat menerapkan gaya hidup sehat. Jika dapat mencegah kemaslahatan mengapa masih menunda kemudaratan. Lakukan hal ini secara terus menerus agar memiliki hasil maksimal sehingga anda dapat hidup sehat dan terhindar dari penyakit. Jika tidak dimulai sekarang, kapan lagi ?

Share.
Exit mobile version