Blitar – Kabupaten Blitar optimis memajukan sektor pariwisata sebagai salah satu penunjang utama roda ekonomi masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan peluncuran kalender event tahun 2024 yang memuat 24 agenda wisata menarik sepanjang tahun.

Bupati Blitar, Rini Syarifah, menuturkan bahwa peluncuran kalender event ini bertujuan untuk memberikan informasi yang jelas kepada para pelaku usaha dan wisatawan mengenai berbagai kegiatan wisata yang akan berlangsung di Kabupaten Blitar.

“Potensi wisata di Kabupaten Blitar sangatlah beragam, mulai dari peternakan, perikanan, pertanian, hingga pariwisata. Untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, kita perlu mengoptimalkan semua potensi ini,” ujar Rini saat peluncuran kalender event, Selasa (19/3/2024).

Beberapa event besar yang akan memeriahkan tahun 2024 di Blitar antara lain Kirap Tumpeng Ketupat Coklat, Kejuaraan Atletik Open, Manten Kopi, Semen Culture Festival, Festival Kresnayana, Upacara Larung Sesaji, Blitar Koi Show, Push Bike Nasional (Piala Bupati), dan Trisula Art Festival.

Rini mengajak seluruh masyarakat Blitar untuk berperan aktif sebagai penyampai informasi dan mempromosikan event-event ini melalui media sosial dan kanal lainnya.

“Mari kita bersama-sama menjadi marketer setiap event di Kabupaten Blitar. Dengan informasi yang luas, diharapkan khalayak dari luar daerah akan tertarik untuk datang dan menyaksikan kemeriahan event-event tersebut,” paparnya.

Pada tahun 2023, Kabupaten Blitar telah mengalami peningkatan kunjungan wisatawan sebesar 9,10% dibandingkan tahun sebelumnya, dengan total 2.833.874 orang. Rinciannya, 2.833.201 orang merupakan wisatawan nusantara dan 673 orang wisatawan mancanegara.

Pada tahun 2024, target kunjungan wisatawan dipatok naik 15% dari tahun 2023. Optimisme ini didorong dengan kalender event yang menarik dan beragam, serta upaya promosi yang gencar dari berbagai pihak.

Peluncuran kalender event 2024 ini menjadi langkah awal yang strategis bagi Kabupaten Blitar dalam menggenjot sektor pariwisata dan meningkatkan ekonomi masyarakat. Dengan kolaborasi dan semangat bersama, Blitar siap menyambut para wisatawan dan menghadirkan pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Share.
Exit mobile version